Senin, 09 Mei 2016

PENGAPURAN SENDI (OSTEOARTRITIS)

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/pengapuran-sendi-osteoartritis.html

Osteoartritis adalah kondisi dimana terjadi penipisan hingga kerusakan tulang rawan pada sendi sehingga mengganggu kerja sendi anda sebagaimana mestinya , hal ini disebabkan oleh berkurangnya cairan synovial di sendi sehingga kontraktilitas meningkat kemudian terjadi inflamasi yang mengakibatkan pasien sering mengalami nyeri pada sendi.

 FAKTOR RESIKO (OA)
Usia tua merupakan salah satu faktor risiko terjadi OA. Hampir semua orang di atas usia 70 tahun mengalami gejala OA ini, dengan tingkat nyeri yang berbeda-beda.  Pada usia di atas 55 tahun lebih banyak pada wanita.
Riwayat keluarga juga berperan dalam penyakit ini , berat badan berlebih, seorang olahragawan dengan penggunaan sendi yang berat seperti sepak bola, basket, voly, lari marathon. Pekerjaan yang membutuhkan jongkok atau berlutut lebih dari 1 jam/ hari. Pekerjaan mengangkat barang, naik tangga atau berjalan jauh juga merupakan risiko.
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/pengapuran-sendi-osteoartritis.html

GEJALA KLINIS ( OA )
1.   Nyeri sendi disertai peradangan
2.   Kesulitan menggerakkan sendi
3.   Nyeri sendi saat di gerakkan
4.   Terdengar suara saat sendi di gerakkan
5.   Terjadi perubahan bentuk tulang

TERAPI
     Osteoartritis tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini biasanya makin lama makin memburuk sejalan dengan usia. Pengobatan biasanya hanya mengurangi gejalanya saja. Pemasangan sendi palsu ( Implan sendi )pada sendi yang rusak itu dapat membantu pasien-pasien yang tidak respon terhadap terapi.

PENCEGAHAN
Pengetahuan dini tentang OA sangatlah penting baik pria maupun wanita terutama di usia tua , olahraga teratur dan pengendalian berat badan sangatlah di anjurkan untuk mengurangi beban sendi saat aktifitas, lakukan perawatan sendi seperti kompres dengan air dingin . istirhat teratur dan kontrol ke dokter apabila mengalami gejala seperti di atas .



0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...