Sabtu, 06 Agustus 2016

ERUPSI OBAT (ALERGI OBAT)

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/obat-alergi-obat-gatal-erupsi.html

Erupsi obat atau ( allergic drug eruption ) itu sendiri adalah reaksi alergi yang melibatkan sistem imun tubuh kita terhadap obat dan metabolitnya  reaksi alergi pada kulit atau daerah mukokutan yang terjadi sebagai akibat pemberian obat dengan cara sistemik.Reaksi yang dapat timbul biasanya berupa ruam kemerahan di kulit, Pengelupasan kulit, bahkan sampai terjadi SJS (Stevens-Johnson syndrome ) yang berujung pada kematian. 

Menurut  hasil penelitian Chatterjee  et al.  (2006), insidens erupsi obat alergi mencapai 2,66% dari total 27.726 pasien dermatologi selama setahun. Erupsi obat alergi terjadi pada 2-3% pasien yang dirawat di rumah sakit, tetapi hanya 2% yang berakibat fatal. Insidens erupsi obat alergi pada negara berkembang berkisar antara 1% – 3%. Hampir 45% dari seluruh pasien dengan erupsi di kulit merupakan kasus erupsi obat alergi. Insidens erupsi obat alergi lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria (Nayak & Acharjya, 2008)

FAKTOR RESIKO ( Erupsi Obat )
     1.   Jenis kelamin : Wanita lebih sering terkena dari pada pria
     2. Riwayat penyakit : riwayat penyakit seperti asma memiliki                                           resiko tinggi
     3. Genetik / keturunan : pada pasien dengan riwayat orang tua                                           memiliki alergi terhadap obat , akan jauh                                          lebih besar resikonya .
     4. Bentuk obat : Beberapa jenis obat seperti antibiotika beta                                    laktam dan sulfonamida memiliki potensial untuk                               mensensitisasi tubuh.
     5. Cara penggunaan obat : obat yang diaplikasikan secara                                                   kutaneus cenderung lebih menyebabkan                                         erupsi obat, Dosis dan durasi pemberian                                         obat juga berperan dalam timbunya                                                 erupsi alergi obat.

GEJALA KLINIS 
     1. Eritema (Kemerahan)
     2. Pruritus ( Gatal ) penyebab gatal biasanya karena lepasnya            histamin di kulit akibat proses inflamasi
     3.  Demam
     4.  Urtikaria  (benjol di kulit)
     5.  Perubahan warna kulit di tempat tertentu
     6.  Vesikel ( benjolan berisi air atau nanah )
     7.  Mengelupasnya kulit
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/obat-alergi-obat-gatal-erupsi.html
Eritema / Kemerahan


https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/obat-alergi-obat-gatal-erupsi.html
Urtikaria

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/obat-alergi-obat-gatal-erupsi.html
Kulit Mengelupas



JENIS OBAT
Menurut penelitian Saha  et al  (2012), jenis-jenis obat yang paling sering menyebakan erupsi obat alergi adalah

1.  sulfonamid yaitu sekitar 17%
2.  flurokuinolon sekitar 11,3%
3.  analgesik sekitar 11,3% (Paracetamol)
4.  anti epilepsi sekitar 11,3% (As. Valproat, phenitoin)
5.  allopurinol sekitar 7,5%
6.  azitromicin sekitar 5,70%.
7.  kotrimoksazole yaitu sekitar 22,2%
8.  inflamasi non steroid sekitar 18% (Anafen, Brufen, Motrin, Nurofen, Panafen)
9.  Antibiotik ( doxycycline dan tetrasiklin )
MENANGANI ERUPSI OBAT
Pengobatan erupsi / alergi obat biasnya sedikit sulit , karena kita tidak mengetahui penyebabnya .kecuali pasien mempunyai riwayat yang jelas dan sudah melewati tes kepekaan obat.
Pengobatan alergi obat ada 2 macam diantaranya
     1. Pengobatan kausal : dengan cara menghindari obat yang dapat      menyebabkan hal tersebut , termasuk golongan yang sama
     2. Pengobatan simptomatis :
Pada kasus reaksi anafilaktik syok , pasien harus segera di tangani segera dengan pemberian epineprin ,antihistamin dan kortikosteroid. Kemudian di evaluasi tiap 15 menit sampai membaik . Setelah pasien stabil kita hanya perlu menambahkan antibiotiK, obat gatal (antihistamin), dan analgesik.
PENCEGAHAN
Apabila penyebabnya sudah di ketahui sebaiknya hindari penggunaannya, dan meminta kartu alergi pada petugas kesehatan dimana nantinya akan berguna saat pasien menjalani pengobatan di rumah sakit , sehingga dapat di cegah pajanan ulang dari obat tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...