Sabtu, 13 Agustus 2016

SIFILIS (RAJA SINGA)

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html

Sifilis  ( Raja Singa ) merupakan  penyakit  kronis dan bersifat  sistemik yang disebabkan oleh kuman Treponema  palidum menular melalui hubungan seksual atau secara transmisi vertical bisa juga melalui  produk  darah  atau transfer  jaringan  yang  telah  tercemar. Sifilis bersifat kronik, sistemik dan menyerang hampir semua alat tubuh .(Saiful, 2000)
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html

Angka kejadian sifilis  mencapai 90% dinegara-negara berkembang. World Health Organization  (WHO)  memperkirakan sebesar 12 juta kasus  baru terjadi di Afrika, Asia  Selatan,  Asia  Tenggara dan Amerika  Latin.
Indonesia sendiri merupakan Negara yang berpotensi tinggi terhadap infeksi menular seksual, berdasarkan  laporan  Survey Terpadu dan Biologis Perilaku  (STBP)  tahun 2011  Kementrian  kesehatan  RI  terjadi peningkatan  angka  kejadian  sifilis  di  tahun 2011 dibandingkan tahun 2007. Di provinsi Lampung  khususnya  di  kota  Bandar Lampung  jumlah  kasus  infeksi  menular seksual  termasuk  sifilis  tahun 2012  sebesar 3.153  kasus  dengan  penderita  wanita sebayak 2.942 kasus dan pria sebesar 419 kasus,  merupakan  jumlah  kasus  terbanyak dibanding  kota-kota  lain  di  provinsi Lampung.

TANDA DAN GEJALA SIFILIS
Gejala penyakit sifilis ini sangat beragam, biasanya penderita akan mengaluh kesakitan saat buang air kecil dan terasa panas hingga terkadang hingga mengeluarkan nanah dari kelaminnya.
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html

Tanda dan gejala penyakit sifilis (raja singa) di bagi 4 stadium
   1. Primer(  3 minggu awal )
Ulkus/luka/tukak, tidak nyeri, batasnya tegas, ada indurasi dengan pembesaran kelenjar getah bening regional (limfadenopati)  
   2. Sekunder ( 2-12minggu )
Bercak merah polimorfik biasanya di telapak tangan dan telapak khaki, lesi kulit papuloskuamosa dan mukosa, demam, kelelahan,
   3. Laten (< 1 tahun)
Pada fase ini biasanya tidak akan menimbulkan gejala   
   4. Tersier (> 1 tahun)
Pada fase ini biasanya sudah timbul  komplikasi seperti kerusakan jaringan organ, nyeri kepala, vertigo, dimensia,, ataksia, dan pupil Argyll Robertson
Gejala sifilis pada wanita biasanya akan lebih parah dikarenakan saluran kelamin wanita yang lebih pendek dari pada laki laki yang membuat kuman masuk lebih cepat ke dalam tubuh. Disamping itu daerah kewanitaan lebih lembab sehingga menjadi tempat yang cocok untuk berkembangnya bakteri  Treponema  palidum .
PENULARAN DAN PERJALANAN PENYAKIT
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.htmlhttps://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html
Kuman Treponema  palidum  akan masuk  melalui kulit  yang mengalami  abrasi atau luka seperti (hubungan sex, bersentuhan, ciuman, terkena gigitan ) dan akan masuk menuju  kelenjar  limfe, kemudian  masuk ke  dalam  pembuluh darah,  dan  akan di sebar ke  seluruh  tubuh hingga terjadi  infeksi, tetapi belum menunjukkan tanda-tanda klinis yang jelas.
setelah satu minggu terinfeksi  Treponema palidum, akan muncul lesi primer berupa  ulkus ( luka bernanah ) .  Ulkus  akan  muncul  selama satu  hingga  lima  minggu,  kemudian menghilang. Uji serologis masih akan negatif ketika ulkus  pertama  kali  muncul  dan  baru  akan reaktif  setelah  satu  sampai  empat  minggu berikutnya. Enam minggu kemudian, timbul erupsi  seluruh  tubuh  pada  sebagian  kasus sifilis  sekunder.  Jika di biarkan kuman ini akan bertahan sampai seumur hidup.

PENATALAKSANAAN SIFILIS (RAJA SINGA)
Seseorang yang diduga terinfeksi kuman ini harus melakukan tes Uji serologis sifilis pada sifilis meliputi Uji serologis  non  treponema  seperti :
  1. pemeriksaan  Rapid  Plasma  Reagen  (RPR),
  2. pemeriksaan    Venereal  Disease  Research Laboratory    (VDRL),  dan  pemeriksaan
  3. Automated  Reagin  Test  (ART)
Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi seberapa aktif kuman sifilis di dalam tubuh, yang akan berpengaruh dengan proses peyembuhan.
Obat sifilis dikategorikan berdasarkan tingkat keparahannya:
Sifilis primer dan sekunder :
 Benzatin benzilpenisilin, 2,4 juta IU injeksi IM (pemberian dengan dua kali injeksi ditempat berbeda).
Sifilis stadium lanjut
Benzatin benzilpenisilin,  2,4  juta IU  (total  7,2  juta    IU) injeksi  IM,  (sekali seminggu  selama  3 minggu  berturut-turut di  hari  ke  1,  8  dan 15)
Sifilis pada ibu hamil
Eritromisin, 500mg oral (4 kali sehari selama 14 hari).
Setelah pengobatan selesai pasien harus kontrol 6 bulan dan 12 bulan setelahnya untuk memastikan kuman telah mati dan mencegah re-aktivasi dari sifilis tersebut.

PENCEGAHAN SIFILIS (RAJA SINGA)

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html
    https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html


    1. Hindari sex bebas
    2.  Hindari berganti pasangan
    3. Jangan berhubungan dengan istri jika anda terinfeksi

    4.  Menggunakan kondom saat berhubungan

 https://doktertama.blogspot.co.id/2016/08/sifilis-raja-singa-sex-bebas.html


0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...