Sabtu, 14 Mei 2016

LEPTOSPIROSIS

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/tempat-kotor-bahaya-leptosspirosis.html
Leptospirosis adalah penyakit infeksi karena kuman golongan leptospira yang ditularkan secara zoonosis (hewan ke manusia). Penyakit ini sangat berhubungan dengan kondisi lingkungan yang buruk seperti bencana banjir, adapun rumah warga yang berdekatan dengan pembuangan sampah dan gorong gorong.
Data Amerika sebanyak 40% pasien terkena leptospirosis adalah anak anak usia <15th, hal ini di kaitkan dengan interaksi anak anak dengan hewan yang sangat tinggi.Sedangkan Indonesia sendiri angka kejadian leptospirosis masih sangat tinggi mengingat sering terjadinya bencana banjir seperti di daerah Jakarta,Surabaya, Semarang,

GEJALA KLINIS
     Tidak semua orang yang terkena Leptospirosis akan menunjukkan gejala.
Gejala baru timbul setelah lewat masa inkubasi sekitar 10 hari (2 – 30 hari) berupa :
·      Demam tinggi sampai menggigil
·      Nyeri kepala terutama di bagian frontal / depan
·      Nyeri otot khususnya di daerah betis
·      Sakit tenggorokan
·      Fotofobia ( mata silau )
·      Batuk
·      Mual – muntah
·      Diare
Jika gejala ini di biarkan tidak menutup kemungkinan terjadi komplikasi kerusakan dengan target organ hati (membesar), ginjal , dan jaringan otot lainnya

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/tempat-kotor-bahaya-leptosspirosis.html

DIAGNOSIS
        Pada pasien leptospirosis menunjukkan gejala klinis yang khas seperti demam mandadak, nyeri otot betis, dan nyeri kepala depan,selain itu kita perlu melakukan pemeriksaan fisik menentukan ada tidaknya hepatomegali, splenomegali, perdarahan kulit petechiae, pada kasus berat sering di dapatkan ikterus, anemia, gangguan kesadaran, kelainan paru paru.
          Pemeriksaan laboratorium di dapatkan leukosit naik tetapi bisa turun saat awal terkena, LED meningkat, proteinuuria pada urine, SGOT meningkat 5x lipat disertai hiperbilirubinemia.
PENGOBATAN
Pemberian antibiotik sedini mungkin dapat meningkatkan angka kesembuhan dan memperbaiki prognosis kedepannya, tetapi harus sesuai saran dokter. Antibiotik biasanya di berikan 7-10 hari pilihan diantaranya penicillin G, amoxicillin, cephalosporin, eritromisin dll.
Pada pasien ini disarankan untuk istirahat total Pengobatan lainnya di sesuaikan dengan keluhan pasien atau berdasarkan tingkat keparahannya, sedangkan prognosis pasien ini cukup bagus selama tidak ada ikterus atau komplikasi organ lainnya.
PENCEGAHAN
·      Pola hidup sehat
·      Waspadai tikus sebagai sumber utama
·      Hindari kontak dengan air seni hewan peliharaan
·      Pakai sepatu kedap air bila berjalan di lumpur/genangan air
·      Pakai sarung tangan bila berkebun
·      Hindari berenang di air yang mungkin tercemar




0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...