Jumat, 27 Mei 2016

DISENTRI

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/disentri-definisi-gejala-pengobatan.html

Disentri adalah penyakit diare disertai lender yang disebabkan oleh bakteri/ kuman shigella  yang masuk ke tubuh melalui oral/mulut yang akan masuk ke sistem pencernaaan . karena bakteri ini mampu bertahan di PH rendah , maka asam lambung tidak dapat membunuh bakteri ini. 
Penyakit ini biasanya identik dengan tempat-tempat kumuh dan daerah padat penduduk dan menjadi penyebab ketiga di dunia diare karena bakteri.
GEJALA KLINIS
Gejala klinis disentri dapat bervariasi dimulai dari diare cair yang ringan sampai komplikasi intestinal. Masa inkubasi bakteri ini antara 7 jam sampai 7 hari, dan mulai timbul gejala mulai 7-30 hari lamanya. Pada fase awal pasien akan mengeluh nyeri perut bagian bawah dan di sertai demam tinggi C .  berikut gejala- gejala yang timbul  saat serangan akut/awal:
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/disentri-definisi-gejala-pengobatan.html

1.   BAB cair disertai lender dan darah
2.   Muntah- muntah
3.   Suhu tubuh meningkat
4.   Terdapat tanda dehidrasi ringan- berat (lemas, kulit kering, kesadaran menurun, mata cowong)
5.   Rasa nyeri saat buang air besar
6.   Kram perut di bagian bawah
Bila disertai dehidrasi berat  pasien ini tidak mendapatkan pertolongan maka resiko kematian akan lebih tinggi , di tambah dengan resiko komplikasi yang dapat terjadi seperti syok septic pada fase ini akan sulit untuk tertolong.
PEMERIKSAAN LABORATORIUM
          Untuk mendiagnosa pasien disentri selain timbul gejala seperti yang di jelaskan sebelumnya, pasien perlu melakukan pemeriksaan penunjang seperti  kultur faces segar/ lender, dan usapan rectum dapat di gunakan untuk biakan , biasanya akan ditemukan sel sel darah merah pada pemeriksaan mikroskopik. Pemeriksaan kenaikan titer antibody dapat di ambil dengan jarak 10 hari.
KOMPLIKASI
Ada beberapa komplikasi yang harus di waspadai pada penyakit disentri diantaranya adalah :
a.   Dehidrasi
b.   Gangguan elektrolit
c.   Kejang
d.   Protein loosing enteropati
e.   Sepsis syok
f.    Sindroma hemolitik uremiik
g.   Hipoglikemia
h.   Peritonitis
i.    Dll
PENGOBATAN
Manajemen terapi
a. Nonmedikamentosa
1). Diet TK/TP
Biasanya pada penderita disentri mengalami malnutrisi yang biasanya disebabkan adanya malabsorbsi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral . Penderita disarankan untuk makan makanan dalam bentuk yang relatif lembek (dengan tujuan mengurangi kerja usus) 9.
b. Medikamentosa
1). Terapi dehidrasi 
Pada prinsipnya pasien dengan penyakit disentri hanya perlu istirahat yang cukup jika tidak ada keluhan yang berarti . Mencegah dehidrasi adalah hal yang wajib di lakukan untuk penyakit ini . cairan dan elektrolit (oralit 75 ml/kg BB dalam 3 jam pertama ) dapat di berikan pada kasus dehidrasi ringan /sedang. Apabila dehidrasi berat disertai mual muntah perlu di berikan cairan intravena (wajib di bawa ke rumah sakit terdekat)
2. Antibiotik
Yang efektif untuk disentri amoeba adalah metronidazole dengan dosis 35-50/kg BB/hari diberikan 3 kali sehari selama 5 hari. Metronidazole sebagai antibiotik berfungsi untuk memusnahkan parasit .
3. Antipiretik
Antipiretik berfungsi untuk menghambat produksi prostaglandin yang memacu peningkatan suhu lewat hipotalamus sehingga dapat menurunkan demam .
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/disentri-definisi-gejala-pengobatan.html

PENCEGAHAN DISENTRI
1.   Cuci tangan sebelum makan
2.   Jaga kebersihan rumah
3.   Jauhkan rumah dari septic tank
4.   Hindari makan di luar rumah
5.   Hindari makan makanan mentah


0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...