Senin, 30 Mei 2016

PTERIGIUM

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/pterigium.html
Pterigium adalah pertumbuhan jaringan fibrofaskular (daging) di daerah subkonjungtiva yang bersifat degeneratif dan invasif. Tumbuhnya jaringan ini berbentuk segitiga atau seperti sayap pada mata. Kondisi ini biasanya terjadi di sudut mata bagian dalam, meskipun dapat juga tampak di sudut bagian luar. Pterigium mudah meradang bila terjadi iritasi dan akan berwarna kemerahan, juga dapat terjadi di kedua mata sekaligus. 

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/pterigium.html

Kondisi ini berkembang secara perlahan, sifatnya jinak, dan pada umumnya tidak berbahaya. Namun, pterigium kadang kala tumbuh melewati  kornea, dan dalam beberapa kasus langka, dapat tumbuh cukup besar sehingga menutupi kornea pusat dan mengganggu penglihatan.

PENYEBAB
Pterigium belum di ketahui pasti penyebabnya tetapi diduga paparan sinar ultraviolet (UV), terutama radiasi sinar UV-B yang bersifat merusak. Selain itu ada beberapa faktor lainnya pada orang orang pekerja lapangan yang terutama sering terpapar debu yang bersifat iritatif. Resiko meningkat terutama pada usia tua yang di akibatkan proses degeneratif.
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/pterigium.htmlhttps://doktertama.blogspot.co.id/2016/05/pterigium.html
                faktor degeneratif                                  Paparan debu

GEJALA KLINIS
Gejala termasuk:
• Pertumbuhan berwarna putih dengan pembuluh darah yang terlihat/menonjol di sudut  mata bagian dalam dan/atau luar 
• Kemerahan pada daerah yang terkena
• Iritasi
• Gejala mata kering
• Kadang kala berair
• Terasa seperti ada benda asing di dalam mata
• Penglihatan buram (pada kasus parah pertumbuhan dapat menutupi kornea pusat atau menyebabkan astigmatisme karena tekanan pada  permukaan kornea)


PENGOBATAN
Pada dasarnya penyakit ini tidak membahayakan karena sifatnya jinak danJika pterygium tersebut menyebabkan banyak iritasi atau kemerahan, dokter mungkin meresepkan obat tetes mata atau salep mata yang mengandung kortikosteroid atau tetes mata dekongestan untuk mengurangi peradangan (DALAM PENGAWASAN DOKTER !!!).

Apabila pterigium tumbuh hingga menutup kornea dan mengganggu pengelihatan, dokter Anda mungkin menyarankan operasi untuk mengangkat pterygium jika tetes mata atau salep tidak memberikan bantuan. Pembedahan juga dilakukan ketika pterygium yang menyebabkan hilangnya penglihatan atau kondisi yang disebut astigmatisme, yang dapat mengakibatkan pandangan kabur. Anda juga dapat mendiskusikan prosedur bedah dengan dokter Anda jika Anda ingin pterygium dihapus karena alasan kosmetik.

Ada beberapa risiko yang terkait dengan operasi ini. Dalam beberapa kasus, pterygium dapat kembali setelah pembedahan. mata Anda mungkin juga terasa kering dan teriritasi setelah operasi. Dokter dapat memberikan resep obat untuk memberikan bantuan dan mengurangi risiko memiliki pterygium sebuah tumbuh kembali.



0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...