Rabu, 13 Juli 2016

VERTIGO



Vertigo adalah penyakit gangguan keseimbangan yang di sertai sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh seperti berputar tanpa sensasi putaran yang sebenarnya . (ilmu penyakit saraf  FKUNHAS)
Vertigo paling sering di temukan adalah Benign Paroxymal Position Vertogo (BPPV). Menurut penelitian pasien yang datang dengan keluhan pusing berputar sebanyak 20% dan merupakan BPPV, biasanya penyakit ini di sertai dengan penyakit penyerta lainnya seperti penyakit meniere.
PATOFISIOLOGI
Rasa pusing atau vertigo disebabkan oleh gangguan alat keseimbangan tubuh yang mengakibatkan  ketidakcocokan  antara  posisi  tubuh  yang  sebenarnya  dengan  apa yang dipersepsi oleh susunan saraf pusat.

Ada beberapa teori yang menjelaskan vertgo :
1.  Teori rangsang berlebihan (overstimulation)
2.  Teori konflik sensorik
3.  Teori neural mismatch
4.  Teori otonomik
5.  Teori neurohumoral
6.  Teori sinap

GEJALA KLINIS VERTIGO
Gejala vertigo biasanya beragam antara lain :
1.  sensasi berputar atau gerak,
2.  mual atau muntah, 
3.  berkeringat ,
4.  gerakan mata abnormal (nistagmus).
6.  sensasi dering di telinga (Tinnitus)
7.  gangguan penglihatan,
8.  kelemahan,
9.   kesulitan berbicara,
10.   penurunan kesadaran,
11.   dan kesulitan berjalan .
PENYEBAB VERTIGO
vertigo dapat terjadi karena gangguan telinga di bagian dalam. Telinga bagian dalam dapat terjadi peradangan , atau terdapat benda asing dalam telinga seperti serangga, kapas, batu di bagian dalam yang dapat menyebabkan iritasi pada sel-sel rambut kecil di dalam kanalis semisirkularis, yang mengarah ke vertigo. Hal ini dikenal sebagai benign paroxysmal positional vertigo (BPPV).
Cedera kepala dapat meningkatkan risiko terjadinya vertigo, termasuk beberapa obat anti kejang,obat anti hipertensi, obat antidepresan , dan bahkan aspirin . adapun penyakit yang meningkatkan resiko vertigo misalnya stroke, jantung, diabetes. Bagi sebagian orang, minum alkohol dapat menyebabkan vertigo.
Studi dari kejadian vertigo menemukan bahwa antara 2% hingga 3% dari populasi berisiko mengembangkan BPPV , terutama wanita usia tua.
PENGOBATAN VERTIGO
Vertigo bukan suatu penyakit  tersendiri, melainkan gejala dari penyakit yang letak  lesi  dan  penyebabnya  berbeda-beda.  Oleh  karena  itu,  pada  setiap penderita  vertigo harus dilakukan anamnesis dan pemeriksaan yang  cermat dan terarah untuk menentukan bentuk vertigo, letak lesi dan penyebabnya.
Tujuan pengobatan vertigo, selain kausal (jika ditemukan penyebabnya), ialah untuk memperbaiki ketidakseimbangan vestibular melalui modulasi  transmisi saraf, umumnya digunakan obat yang bersifat antikolinergik. Obat-obatan  yang  digunakan  pada  terapi  simptomatik  vertigo  (sedative vestibuler).




                   Salah satu bentuk latihan pemulihan vertigo

0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...