Jumat, 15 Juli 2016

PARKINSON

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/07/parkinson.html

Penyakit Parkinson adalah  suatu kelainan degeneratif sistem saraf pusat sehingga terjadi penurunan produksi dopamin yang fungsinya mengirimkan pesan dari otak ke tubuh . Sering merusak motorik penderita seperti susah bergerak, sulit bicara, dan  fungsi lainnya.
Sekitar 1 dari 500 orang menderita Parkinson  Lebih sering terjadi pada kelompok usia yang lebih tua, dan diyakini 1% dari orang di atas usia 60 memiliki Parkinson. Usia rata-rata di diagnosis adalah 59. Meskipun ada sedikit peningkatan risiko parkinson pada orang yang memiliki anggota keluarga dengan Parkinson, tetapi risikonya sangat rendah.
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/07/parkinson.html

GEJALA PARKINSON
Secara garis besar gejala parkinson di bagi menjadi dua macam yaitu gejala umum dan khusus .
Gejala umum biasanya disingkat TRAP   
1.  Tremor (bergetar terutama saat diam)
2.  Rigiditas (kekakuan)
3.  Akinesia/ bradikinesia (gerakan yang lambat)
4.  Postural disability (mudah jatuh saat berdiri)

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/07/parkinson.html

Gejala khusus
1.  berkurangnya indera penciuman
2.  kelelahan
3.  sulit buang air besar dan berkemih
4.  nyeri pada leher
5.  gangguan mood atau perubahan suasana hati
6.  gangguan tidur
7.  berkurangnya daya ingat
8.  berkeringat secara berlebih
9.  berkurangnya indera penciuman
10.kelelahan
11. sulit buang air besar dan berkemih
12.nyeri pada leher
13. gangguan mood atau perubahan suasana hati
14. gangguan tidur
15. berkurangnya daya ingat
16. bungkuk
17. berkeringat secara berlebih

DIAGNOSA PARKINSON
Penyakit Parkinson biasanya didiagnosa secara klinis ketika ahli saraf yang berpengalaman mengamati gejala-gejala fisik dan neurologis yang khas. Tidak ada tes untuk mengkonfirmasi secara definitif penyakit ini, tetapi pengujian, seperti CT scan, MRI, atau spinal tap, dapat berguna untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lainnya.
Kriteria dari diagnosis penyakit Parkinson yang di tegakkan secara umum adalah dengan menemukan sekitar 2 dari 3 tanda cardinal pada gangguan sistem motorik seperti tremor, rigiditas, dan bradikinesia atau 3 dari 4 tanda motorik yakni seperti ketiga tanda di atas yang di tambah dengan terjadinya ketidakstabilan .
Jika diagnosis diragukan, dokter mungkin memulai uji coba obat Parkinson untuk melihat apakah itu dapat memperbaiki gejala. Jika demikian, penyakit Parkinson dapat didiagnosis.
PENGOBATAN PARKINSON
Pada dasarnya penyakit Parkinson ini sulit sekali di obati dan perlu waktu yang lama untuk pemulihannya, akan tetapi terapi medis dan gizi dapat mengurangi gejala dan dapat memperlambat perjalanan penyakit.
Obat-obatan medis yang paling umum digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson adalah obat-obat yang biasanya untuk meningkatkan produksi dopamin di otak, paling sering adalah golongan dopaminergik seperti levodopa (Sinemet) dan golongan antikolinergik seperti Triheksifenidil. Obat lain juga mungkin berguna, termasuk bromocriptine, pergolide, entacapone, tolcapone, dan selegeline.
Obat-obatan juga tersedia untuk mengobati beberapa gejala tertentu dari penyakit Parkinson. Misalnya, benztropine dapat efektif untuk mengobati tremor/gemetar. Clozapine atau quetiapine dapat menurunkan halusinasi.
Terapi rehabilitasi medis seperti memperbaiki cara berdiri ,berjalan , dan wicara biasanya sangat membantu bagi pasien untuk meningkatkan aktivitas sehari-hari, mencapai atau mempertahankan independensi, dan berinteraksi lebih baik dengan lingkungan mereka. Di luar sesi terapi, pasien harus mencoba untuk mempertahankan gaya hidup aktif sebanyak mungkin.
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/07/parkinson.html
 https://doktertama.blogspot.co.id/2016/07/parkinson.htmlhttps://doktertama.blogspot.co.id/2016/07/parkinson.html

Telah ada beberapa liputan di media tentang terapi bedah untuk penyakit Parkinson. Sementara ini mungkin membantu dalam mengobati penyakit ini dalam tahap lanjut atau pada pasien dengan gejala yang spesifik (seperti tremor parah atau kekakuan), perlakuan itu tidak dianggap berguna bagi sebagian besar pasien.




0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...