Minggu, 15 Januari 2017

HIDROSEFALUS


Hidrosefalus (Hidro/ air) ( Chepalon yang berarti kepala) . Hidrosefalus adalah penumpukan cairan serebrospinal (CSS) yang menyebabkan pelebaran sistem ventrikel otak, yang kemudian akan terjadi akumulasi/ penumpukan  cairan di ventrikel atau ruang subarachnoid. Keadaan ini disebabkan oleh karena terdapat ketidak seimbangan antara produksi dan absorpsi dari CSS.

Secara keseluruhan, insiden dari hidrosefalus diperkirakan mendekati 1 : 1000. sedangkan insiden hidrosefalus kongenital bervariasi untuk tiap-tiap populasi yang berbeda. Ironisnya di daerah pedesaan hal ini cenderung di biarkan karena keterbatasan biaya.
PENYEBAB HIDROSEFALUS
- Infeksi pada bayi misalnya meningitis
- Produksi cairan cerebrosfinal fluid (CSF) yang        berlebihan
- Terjadi penyumbatan yang membuat cairan CSF     ini menjadi tidak bisa kering.
   - Adanya tumor otak
   - Trauma saat proses melahirkan
-  Adanya kista di bagian otak
- Adanya malformasi otak
- Adanya masalah atau kelainan di pembuluh          darah yang ada di otak
- Adanya pendarahan di otak


TANDA-TANDA HIDROSEFALUS PADA BAYI
- Ubun-ubun membesar
- peningkatan cepat ukuran lingkar kepala
- mata yang tetap ke bawah (sunset phenomena)
- kejang
- bayi rewel
- muntah menyembur
- kantuk yang berlebihan
- penurunan nafsu makan
- kelemahan otot

TANDA-TANDA HIDROSEFALUS PADA DEWASA
Pada dewasa penyakit ini sedikit lebih buruk karena ubun ubun sudah tertutup, sehingga tekanan intra cranial / TIK meningkat dan gejala yang akan terjadi biasanya :

- sakit kepala kronis
- kehilangan koordinasi
- kesulitan berjalan
- kejang
- gangguan penglihatan
- gangguan ingatan
- kesulitan berkonsentrasi

DIAGNOSA HIDROSEFALUS

Pada era modern ini banyak  cara untuk mendeteksi dini penyakit hidrosefalus, segeralah bawa kedokter jika anda mendapatkan gejala atau tanda penyakit ini,
Dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan lebih lanjut berupa USG, MRI, dan CT-SCAN,
Biasanya hasilnya akan menunjukkan pembesaran ventrikel dan terlihat penumpukan cairan di otak. Semakin cepat terdiagnosa semakin baik prognosisnya.

PENGOBATAN HIDROSEFALUS

Penumpukan cairan otak terutama pada anak akan sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kerusakan otak permanen dan gangguan perkembangan anak.
Banyak metode pembedahan pengobatan hidrosefalus diantaranya :

     1. Shunt Penyisipan
shunt adalah sistem drainase yang terbuat dari tabung panjang dengan katup. katup membantu aliran CSF pada tingkat normal dan dalam arah yang benar. cairan berlebih kemudian mengalir dari otak dan keluar ujung tabung, di mana ia dapat lebih mudah diserap. Sebuah implan shunt biasanya permanen dan telah dipantau secara teratur.

2. ventriculostomy

Sebuah prosedur yang disebut ventriculostomy dapat dilakukan sebagai alternatif untuk memiliki shunt dimasukkan. Ini melibatkan membuat lubang di bagian bawah ventrikel atau di antara ventrikel. Hal ini memungkinkan kelebihan cairan CSF untuk meninggalkan otak.




0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...