Senin, 16 Januari 2017

CEDERA KEPALA / TRAUMA KEPALA

Trauma kepala / cedera kepala adalah segala bentuk respon otak terhadap rangsangan atau benturan dari luar otak yang yang di sertai gangguan kognitif,fisik,dan dengan atau tanpa penurunan kesadaran.
Walaupun begitu, ada banyak faktor yang masih dapat menyebabkan cidera pada otak dan area di sekitarnya. Apabila terjadi pendarahan tidak dapat dikendalikan, maka pendarahan dapat menyebabkan matinya sel otak dan gangguan fungsi tubuh. Terkadang pendarahan otak juga dapat menyebabkan kelumpuhan sementara atau permanen, serta hilangnya kemampuan tertentu, seperti kemampuan motorik.

PENYEBAB CIDERA KEPALA
    -     Kecelakaan lalulintas
    -     Kecelakaan kerja
    -     Trauma benda tumpul
    -     Luka tembak

JENIS CEDERA KEPALA
Cidera kepala terbuka (fraktur basis cranii)

Trauma kepala ini menyebabkan fraktur tulang tengkorak dan Kerusakan otak . Hal ini dapat terjadi bila tulang tengkorak menembus/ menusuk otak.  
Setelah 2-3 hari akan tampak tanda kelinis seperti :
-     kebiruan di belakang telinga (battle sign)
-     Keluar cairan otak lewat telinga (otorea)
-     Mata kebiruan (raccoon eye).
Fraktur basis cranii tidak selalu dapat dideteksi oleh foto rontgen, karena terjadi sangat dasar. Oleh karena itu Tanda-tanda klinik tersebut dapat membantu mendiagnosa.


Cedera kepala tertutup
   -     Komusio serebri ( Gegar otak )
Merupakan bentuk trauma kapitis ringan, dimana terjadi pingsan (kurang dari10 menit ). Gejala lain mungkin termasuk pusing, mual, dan bingung.

   -     Kontusio serebri (Memar otak )
Merupakan perdarahan kecil / ptechie pada jaringan otak akibat pecahnya pembuluh darah kapiler. Hal ini bersama-sama dengan rusaknya jaringan saraf atau otak yang akan menimbulkan edema jaringan otak di daerah sekitarnya

   a.  Pendarahan Epidural
Merupakan pendarahan yang terdapat di rongga epidural, dan biasanya terdapat tanda licid interval yaitu keadaan dimana terdapat kondisi sadar diantara 2 periode tidak sadar.

   b.  Perdarahan sub dural
Merupakan perdarahan antara duramater dan arakhnoid, yang biasanya meliputi perdarahan vena.  Tanda-tanda akan gejala klinis berupa sakit kepala,perasaan kantuk, dan kebingungan, respon yang lambat, dan gelisah. 

   c.  Pendarahan intracerebral
Merupakan pendarahan yang terjadi di parenkim otak dapat terjadi hematoma dan disertai peningkatan tekanan intra cranial ditandai dengan penurunan kesadaran dan muntah proyektil.

PENANGANAN CEDERA KEPALA


Seseorang dengan cidera kepala biasanya tidak sadarkan diri , oleh karena itu kita harus melancarkan jalan nafas dan menghentikan pendarahan. Pada kasus cedera kepala ringan biasanya akan sembuh dengan sedirinya tanpa pengobatan intensif. Tetapi pemeriksaan lanjutan seperti MRI dan CT-SCAN perlu dilakukan untuk mendiagnosa tipe pendarahan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...