Sabtu, 01 Oktober 2016

GONORE ( kencing nanah )

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/10/gonore-kencing-nanah-sex-infeksi-seksual.html

Penyakit Gonore ( kencing nanah ) adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri  Neisseria gonorrhoeae yang dapat menyebabkan infeksi pada uretra, serviks, anus, tenggorokan (bergantung bentuk kontak seks yang dilakukan), dan meskipun jarang infeksi dapat menyebar diluar organ reproduksi lainnya.
WHO memperkirakan  bahwa  tidak  kurang  dari 25 juta kasus baru ditemukan setiap tahun di  seluruh  dunia.  Di  Amerika  Serikat diperkirakan dijumpai 600.000 kasus baru setiap tahunnya.
Angka  tertinggi  pada wanita  dari semua  ras  adalah  kelompok  usia  15 sampai  19  tahun.  Prevalensi  gonore selama  kehamilan  bervariasi,  tetapi  dapat mencapai  7%  dan  mencerminkan  status resiko  populasi.

FAKTOR RESIKO GONORE
Faktor  resiko  terpaparnya gonore antara  lain adalah multipartner sex, remaja, kemiskinan, pergaulan bebas, menyalahgunakan  obat,  prostitusi, penyakit  menular  seksual  lain  dan  tidak adanya perawatan prenatal.

CARA PENULARAN
Gonore disebarkan melalui seks vaginal, anal, ataupun oral tanpa  menggunakan kondom ( kondom juga tidak menjamin ). Gonore dapat ditularkan dari ibu hamil yang terinfeksi ke bayinya dalam proses persalinan dan dapat menyebabkan bayi menjadi buta .    
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/10/gonore-kencing-nanah-sex-infeksi-seksual.html


GEJALA KLINIS GONORE
Setelah 2-10 hari kontak dengan penderita biasanya akan mengeluh nyeri dan  panas  pada  waktu  kencing  yang kemudian  diikuti  keluarnya  nanah  kental berwarna kuning kehijauan. Pada  keadaan  ini  umumnya penderita  tetap  merasa  sehat. Sebanyak  10%  pada laki-laki  dapat  memberikan  gejala  yang sangat ringan atau tanpa gejala klinis sama sekali  pada  saat  diagnosis,  tetapi  hal  ini sebenarnya  merupakan  stadium presimtomatik  dari  gonore,  oleh  karena waktu  inkubasi  pada  laki-laki  bisa  lebih panjang sampai 1 bulan. Bila ini tidak segera di obati akan timbul komplikasi yang serius seperti infeksi prostat, gangguan kesuburan,bahkan kencing darah.
Pada wanita penyebarannya lebih cepat karena saliran kencing wanita jaraknya sangat dekat dengan organ reproduksi terutama servix.

PERBEDAAN GONORE PRIA DAN WANITA

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/10/gonore-kencing-nanah-sex-infeksi-seksual.html

Pria
  - Cairan berwarna putih pekat atau kuning pekat
  - Nyeri saat berkemih
  - Kemerahan pada ujung penis
  - Adanya cairan yang keluar dari anus disertai rasa       tidak nyaman.
  - Tenggorokan terasa nyeri
Wanita
https://doktertama.blogspot.co.id/2016/10/gonore-kencing-nanah-sex-infeksi-seksual.html

 - Cairan keputihan yang tidak biasa
 - Perdarahan yang tidak teratur
 - Nyeri saat berkemih
 - Nyeri panggul, terutama saat berhubungan seksual

PENGOBATAN GONORE
Terapi gonore dapat diberikan setelah diketahui pasti penyebabnya melalui laboratorium agar antibiotik yang di berikan dapat bekerja efektif.
Antobiotik yang di berikan biasanya :
Terapi gonore tanpa komplikasi :
- Golongan Cephalosporin : Cefixime 400 mg per oral dan Ceftriaxone 250 mg im
- Golongan Quinolone : Ofloxacin 400 mg per oral dan Ciprofloxacin 500 mg per oral
- Spectinomycin :  2  gram im
- Kanamycin :  2  gram im
Pemberian obat ini harus tuntas dan sesuai anjuran dokter, tidak di sarankan untuk mengkonsumsinya sembarangan karena dapat menyebabkan kuman reesisten dan kebal.

PENCEGAHAN GONORE

https://doktertama.blogspot.co.id/2016/10/gonore-kencing-nanah-sex-infeksi-seksual.html

Dianjurkan  selalu menggunakan kondom untuk seks oral, vaginal, dan anal untuk mencegah infeksi. Harus diingat untuk mengganti kondom untuk seks vaginal setelah sebelumnya melakukan seks anal. Hindari berhubungan lebih dari 1 pasangan sex, dan selalu kontrol dokter apabila menemukan gejala awal sebelum terjadi komplikasi .

0 komentar:

Posting Komentar

HEMOROID

Hemoroid adalah suatu penyakit pelebaran atau dilatasi pembuluh darah (plexus hemoroidalis) pada dubur yang mengakibatkan iritasi dan me...